Syarat Untuk Mendaftar Kuliah di Malaysia - kuliahdiluarnegeri.co.id
Syarat Untuk Mendaftar Kuliah di Malaysia2017-08-11T09:38:05+00:00

Persyaratan Untuk Melanjutkan Kuliah di Malaysia

 

Inilah persyaratan – persyaratan yang harus calon mahasiswa baru penuhi sebelum bisa melanjutkan studi ke Malaysia.

Kuliah di Kanada Studi di Kanada

Beragam persyaratan untuk bisa kuliah di Malaysia

Malaysia, salah satu negara tetangga dari Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi siswa dari segala usia untuk belajar dan mengeksplorasi. Anda akan mendapati bahwa kuliah di Malaysiaa menjadi salah satu pengalaman terbaik yang pernah anda alami.

Jika Anda saat ini dalam proses mendaftar di perguruan tinggi atau memiliki beberapa tahun atau semester yang tersisa sebelum lulus, Anda harus mempertimbangkan untuk kuliah di Malaysia untuk menjadi destinasi belajar di luar negeri Anda.

Anda dapat menjelajahi negara baru dan menenggelamkan diri Anda dalam budaya yang berbeda, sekaligus mendapatkan pengalaman langsung untuk meningkatkan potensi karir dan finansial Anda.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan sekolah ke Malaysia ada beberapa hal yang anda harus perhatikan :

Pendaftaran Kuliah

Pertama tentukan universitas mana yang ingin kamu pilih sebagai tempat kamu belajar. Kamu bisa lihat referensi kampus di artikel top 5 kampus terbaik untuk studi di Malaysia atau kamu juga bisa cek satu-website universitas yang menurutmu menarik. Pendaftaran kuliah di Malaysia tidak terlalu sulit, dokumen yang harus kamu persiapkan antara lain

  1. Foto copy / scan passport semua halaman. (termasuk halaman kosong);
  2. Foto copy raport kelas 1,2,3 SMA;
  3. Foto copy ijazah;
  4. Foto copy SKHUN;
  5. Foto copyNilai UN;
  6. IELTS/ TOEFL (minimal TOEFL 450, kalau belom sampai 450 nanti disemester pertama kamu di wajibkan ikut kelas TOEFL di kampus);
  7. Foto 4×6 background putih, 6 lembar;
  8. Foto copy KTP.

Mengisi Application Form

Dokumen dokumen tersebut harus kamu scan dan dikirim via email. Karena pendaftarannya hanya akan melalui softcopy. Dokumen asli nanti akan kamu bawa ketika berangkat ke Malaysia. untuk dokumen- dokumen kamy miliki harus di terjemahkan dalam Bahasa inggris dan harus di tanda tangan notaris.

Setelah kamu di pastikan di terima di universitas yang kamu inginkan, kamu akan mendapatkan letter of acceptance dan yang nantinya akan di gunakan untuk pengurusan VDR (visa dengan reference) yang harus diurus sebelum berangkat ke Malaysia.

VDR

VDR merupakan singkatan dari Visa Dengan Rujukan

Pastikan kampus pilihan kamu haruslah Kampus yang telah mendapatkan ijin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar asing. Sebelum berangkat ke Malaysia kamu harus mengurus VDR (single entry visa) yang hanya berlaku selama 3 bulan.

Dengan diperolehnya VDR maka kamu dapat melakukan perjalanan ke Malaysia dan menuju universitas tujuan. lulusan SMA Indonesia dinyatakan diterima di sebuah universitas di Malaysia maka selanjutnya ia mengurus VDR (visa dengan rujukan) berdasarkan offer letter dari universitas di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta dengan membayar Rp 800.000.

Student Pass

Tahap selanjutnya adalah pengurusan visa tinggal dan belajar (student pass) melalui international office di setiap universitas. Setelah sampai di Malaysia kamu kurun waktu 2 minggu kamu harus segera ke bagian International office untuk pengurusan student pass oleh pihak universitas akan mengumpulkan Student Pass Application Form ke imigrasi untuk mendapatkan Student Pass untuk kamu, Student Pass ini yang nantinya berguna untuk masuk sebagai pelajar ke Malaysia. Student Pass (pastikan Anda mengirimkan jumlah yang tepat untuk masing-masing dokumen):

  • Pas foto ukuran paspor
  • Fotokopi paspor / dokumen perjalanan
  • Offer letter dari universitas
  • Surat pernyataan kesanggupan secara finansial
  • Surat keterangan sehat (kamu bisa ke rumah sakit yang di setujui oleh pihak imigrasi Malaysia di Indonesia atau bisa diurus di rumah sakit kampus – bebebapa universitas memiliki fasilitas rumah sakit seperti UUM)

Pengurusan Student Pass

Pengurusan student pas ini bisa memakan waktu 30 hari sampai 90 hari dalam masa itu kamu tidak bisa pergi kemana-mana karna paspormu akan di tempelkan stiker Multiple Entry Visa.

Di kutip dari warta ekonomi, Tarif pengurusan visa pelajar dua tahun untuk mahasiswa Indonesia yang ditetapkan oleh EMGS sebesar 1000 Ringgit ditambah 400 Ringgit sehingga jumlahnya 1.400 Ringgit Malaysia International office di setiap universitas juga memungut biaya pelayanan (service fee) yang bervariasi untuk universitas negeri relatif murah 200-500 Ringgit, tetapi universitas swasta agak mahal 500-1000 Ringgit.

Ayo Kuliah di Malaysia

Kamu tertarik untuk kuliah di Malaysia? tapi ga mau ribet ? tenang kamu bisa gunakan jasa kita education ONE yang sudah terpercaya dan perngalaman tentunya untuk berkonsultasi dan pengurusan visa study pun akan lebih mudah yang butuhkan hanya persiapkan dokumen yang dibutuhkan dan biaya gampang deh tidak perlu repot bolak-balik imigrasi. Jangan lupa like facebook dan subcribe youtube channel education one ya!

Ada pertanyaan ?

Jika Anda masih bingung atau mempunyai pertanyaan lebiih lanjut, silahkan kunjungi website dari education ONE di www.educationone.co.id atau Anda cukup tinggalkan komen dibawah.

Sampai ketemu di Malaysia!